Motto

Yesterday is Yesterday, Today is Today, Tomorrow is Mistery

Minggu, 25 November 2012

Menkumham Mendukung Relokasi Rutan Cirebon

Menkumham Mendukung Relokasi Rutan Cirebon

Cirebon, INFO_PAS. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Menkumham), Amir Syamsuddin, mendukung rencana pemindahan Rumah Tahanan Negara (Rutan) klas 1 Cirebon dari Kecamatan Lemah Wungkuk, Kotamadya Cirebon di relokasi ke wilayah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon.
Rencana pemindahan Rutan ini diungkapkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kemenkumham, Sihabudin dalam laporannya kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Amir Syamsudin saat melakukan kunjungan Menkumham ke Rutan Cirebon pada Minggu 25/11. 
"Rutan ini sudah tidak layak untuk hunian bagi tahanan, selain arealnya yg sangat sempit, posisinya yang terletak di dekat pelabuhan juga sangat mengganggu perikehidupan tahanan", ungkap Sihabudin.

Dalam laporannya, Sihabudin juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima tanah hibah seluas 2,5 hektare di wilayah Sumber dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.
"Bupati Cirebon telah menghibahkan tanah seluas 2,5 hektare di daerah Sumber, tepatnya di wilayah kabupaten Cirebon", kata Sihabudin. 
Menteri Amir Syamsuddin pun mendukung pemindahan Rutan Cirebon ke tanah yang telah dihibahkan Pemkab Cirebon tersebut. "Anggarannya akan dipersiapkan secepatnya" ucap Menkumham Amir Syamsuddin.
Lebih lanjut Sihabudin menjelaskan, bahwa serah terima tanah hibah untuk pembangunan rutan di Sumber, telah dilakukan beberapa waktu lalu. Kini sertifikat tanah hibahnya tengah diproses. Sihabudin berharap, anggaran untuk pembangunan rutan di Sumber bisa dialokasikan dalam APBN Kemenkumham tahun 2013. 
Rutan Cirebon, saat ini berlokasi  di Jl. Benteng no. 1, kel. Panjunan, kec. Lemahwungkuk, Kotamadya Cirebon.  Rutan ini dibangun tahun 1857,  dengan luas tanah 5660 m2 dan luas bangunan 3057 m2.
Sama halnya dengan Rutan lain di Jawa Barat, Rutan Cirebon juga mengalami over kapasitas. Saat ini,  Rutan Cirebon diisi oleh 446 orang penghuni dari kapasitasnya yang hanya 166 orang.
Menurut Kepala Rutan Cirebon Davy Bartian,  air rob akan masuk ke dalam rutan, bahkan masuk ke kamar hunian hingga setinggi pinggang orang dewasa jika Kota Cirebon dilanda hujan. (YS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar